Sabtu, 01 Oktober 2011 Perintah cat di linux

cat merupakan perintah untuk melihat isi file.
Pada contoh kali ini saya akan melihat file group yang ada dilokasi /etc/group
test :
cat /etc/group
result :
...
games:x:40:andri
wheel:x:10:root,andri
...
Sebenarnya kegunaan perintah cat baru saya sadari ketika mencoba arch linux divirtual box (masih no gui). Pada saat saya menambahkan user dengan perintah "adduser", saya lupa menambahkan additional groups, maka saya kemudian mengecek akses group apa yang dibutuhkan untuk user dan belum dimiliki user pada (/etc/group) dengan perintah cat. Selanjutnya dengan perintah (gpasswd -a [user] [group]) saya menambahkan user ke dalam group.

Sekarang kembali ke topik bahasan, perintah cat memiliki kekurangan tidak dapat menampilkan baris sebelumnya, tetapi baris sebelumnya bisa ditampilkan jika anda memiliki terminal yang memiliki scrool, biasanya letaknya disebelah kiri.

Contoh opsi tambahan yang mungkin ingin anda coba :
cat -A /etc/aliases
penjelasan :
-A menampilkan semua perintah dan (-A = -vET)
(v=menampilkan yang tidak ditampilkan kecuali TAB dan LFD)
(E=setiap baris akhir ditandai $)
(T=menampilkan karakter tab)
opsi favorit saya :
cat -nTE [file] atau cat -bTE [file]

Untuk lebih jelas ketik (cat --help)
atau kunjungi : http://unixhelp.ed.ac.uk/CGI/man-cgi?cat

Digg it StumbleUpon del.icio.us

0 komentar:

Posting Komentar

 
Carbon 12 Blogger template by Blogger Bits. Supported by Bloggermint